3 Langkah Mudah Jadi “Ayah ASI”, untuk Bantu Mama Lancar Menyusui

Ayah ASI adalah istilah yang menggambarkan pentingnya peran ayah dalam proses menyusui yang ditunjukkan melalui dukungan dan bantuan baik moril ataupun materiil.

Di 1000 hari pertama yaitu sejak janin hadir di dalam kandungan hingga berusia 2 tahun, perkembangan otak anak bisa mencapai 80%. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah ASI, yang proses pemberiannya menjadi tanggung jawab bersama; bukan hanya ibu saja.

Namun faktanya, menjadi ayah ASI tak semudah yang dibayangkan. Ada yang bingung dan tidak memahami apa yang harus dilakukan, ada yang takut membuat kesalahan, ada yang tidak peka jika istrinya meminta bantuan, bahkan tidak mengerti bagaimana caranya untuk peduli.

3 langkah mudah menjadi ayah ASI

Inti dari menjadi ayah ASI adalah tentang belajar, perhatian, serta keterlibatan.

Belajar. Ayah ASI harus bisa menjadi teman cerita dan diskusi ibu. Bahkan, untuk memberikan perhatian, sebaiknya ayah juga harus mengerti tentang apa yang seharusnya dijalankan. Perbanyak referensi seputar parenting dan menyusui, dan seleksi informasi yang terpercaya.

Perhatian. Untuk menunjukkannya ada berbagai cara. Mulai dari memberikan kejutan, membelikan atau membuatkan makanan, mengatur distribusi ASI perah, dan hal lainnya yang membuat ibu tetap merasa diprioritaskan. Memberikan pijatan ringan setiap malam sebelum tidur juga bisa menjadi andalan.

Keterlibatan. Jangan biarkan ibu menyusui merasa berjuang sendirian. Bergantian menidurkan bayi, adalah salah satu contohnya. Intinya, ayah ASI harus terlibat dalam setiap prosesnya hingga ibu bisa memproduksi ASI dengan lancar dan bahagia.

Peran suami untuk istri yang sedang menyusui

peran ayah asi

  • Memberikan waktu yang cukup untuk ibu beristirahat dan menggantikan posisinya mengurus anak
  • Ikut bangun saat ibu memberikan ASI kepada anak di malam hari untuk membantunya dalam segala hal
  • Jadi teman cerita dan diskusi ibu seputar pola asuh dan menyusui
  • Aktif mendengarkan dan menanyakan seputar keluh kesah dan ketakutan ibu
  • Membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, mencuci, atau membereskan rumah
  • Memenuhi kebutuhan ibu agar lebih rileks saat menyusui
  • Mengatur penyimpanan dan distribusi ASI perah
  • Membelikan perlengkapan ibu agar semakin semangat menyusui, seperti produk perawatan yang aman untuk ibu menyusui dari Mama’s Choice.
  • Memijat ibu dengan gerakan pijat sederhana untuk meningkatkan hormon oksitosin yang bisa merangsang produksi ASI

Banyaknya peran ayah dalam kehidupan sehari-hari, semakin menandakan bahwa mulai dari proses perencanaan kehamilan, hamil, menyusui, hingga membesarkan anak adalah sebuah proses kerja sama tim.

Sama seperti menyusui yang jadi tanggung jawab bersama, memastikan kesehatan dan kenyamanan keluarga pun juga demikian. Apalagi, saat ibu sedang hamil dan menyusui, memilih produk yang aman tentu wajib diprioritaskan.

Ayah sebaiknya juga turut berperan, dalam memilih yang aman demi kebaikan di masa depan.

produk aman untuk ibu hamil

Pijat oksitosin bisa dilakukan sendiri oleh ayah ASI

Pijat oksitosin adalah pijat punggung yang ditujukan untuk merangsang hormon oksitosin dan hormon prolaktin. Kedua hormon ini merupakan hormon terpenting yang menentukan deras atau tidaknya ASI seorang ibu.

Faktanya, pijat oksitosin justru jauh lebih efektif jika dilakukan oleh suami di rumah. Melakukannya setiap hari, berdampak langsung pada cara melancarkan ASI secara alami.

Adapun cara melakukan pijat oksitosin pun sangat mudah. Lakukan 5 langkah di bawah ini:

  1. Ibu mengambil posisi duduk menghadap tembok, meja, atau sandaran kursi. Gunakan bantal untuk menopang bagian depan tubuh agar posisi lebih nyaman.
  2. Ayah memijat mulai dari bagian leher dan tulang belakang. Gerakkan ibu jari secara melingkar, lakukan selama 1 menit.
  3. Lakukan pijatan yang sama di pangkal tulang belakang setara bahu, hingga turun ke tulang belikat.
  4. Masih dengan pijatan yang sama, gerakkan ibu jari mulai dari atas tulang belakang hingga ke bawah. Setelah itu, ulangi dari arah bawah ke atas.
  5. Kepalkan tangan dan pijat seluruh punggung dengan tekanan lembut. Lakukan hingga ibu merasa rileks.

Pijat oksitosin akan semakin efektif jika menggunakan minyak pijat. Selain memberikan efek dan aroma menenangkan, minyak pijat dapat memudahkan ayah untuk mengatur tekanan pijat agar tidak terlalu keras, namun tidak terlalu lembut.

Mama’s Choice Relaxing Massage Oil adalah pilihan minyak pijat yang aman untuk digunakan pada masa kehamilan dan menyusui. Terbuat dari 100% bahan natural yaitu lavender oil, grapefruit oil, dan orange oil, minyak pijat ini juga multifungsi sebagai aromaterapi, serta minyak pijat untuk ayah dan keluarga lainnya.

Mama's Choice Relaxing Massage Oil

Harga Spesial Mama’s Choice Relaxing Massage Oil | Rp. 99,000,- | Diskon 23% dari harga Rp. 129,000,-

Memilih produk-produk yang aman untuk ibu dan si kecil merupakan salah satu bentuk perhatian. Pastikan ayah juga membantu ibu memilihkan produk-produk yang paling aman, demi kesehatan keluarga di masa depan. Ayah hebat, adalah ayah yang peduli.

Siap menjadi ayah ASI? Klik banner sekarang, untuk pilihan aman dalam kehidupan. Dapatkan promo tambahan hingga 40% tanpa syarat dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia. *

Mama's Choice ayah

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Tak Cuma Pelukan Suami, 5 Sentuhan Ini Bisa Membuat...
Learn more
Card image
5 Langkah Pijat Oksitosin yang Bisa Bikin ASI Lebih...
Learn more
Card image
Mama's Choice hadir di Mombee Fair Medan!
Learn more
Card image
3 Langkah Mudah Jadi "Ayah ASI", untuk Bantu Mama...
Learn more