Search

Penyebab & Cara Mengatasi Gigi Sensitif Saat Hamil Secara Alami

Perubahan hormon saat hamil dapat membuat banyak perubahan kondisi tubuh Mama, salah satunya pada gigi dan mulut. Tak jarang, Mama mengalami gigi sensitif selama kehamilan, yang ditandai dengan rasa ngilu saat terkena dingin atau panas. Apakah Mama mengalaminya juga? Jika ya, yuk cari tahu penyebab dan cara mengatasi gigi sensitif secara alami pada artikel ini!

Penyebab Gigi Lebih Sensitif Saat Hamil

Gigi sensitif saat hamil adalah hal yang umum terjadi. Penyebab paling umum dari gigi sensitif selama kehamilan antara lain:

1. Perubahan hormon

Berdasarkan American Pregnancy Association (APA), hormon kehamilan benar-benar dapat memengaruhi cara tubuh Mama merespon bakteri. Akibatnya, infeksi periodontal dan sakit gigi dan gusi pun tak terelakkan.

2. Peningkatan aliran darah

Selama kehamilan, tubuh Mama bekerja ekstra untuk mendukung kebutuhan Mama dan janin, yang berefek pada peningkatan aliran darah. Peningkatan aliran darah ini dapat membuat gusi menjadi sensitif dan bengkak yang terasa lembut saat disentuh. Oleh karena itu, makanan panas dan dingin dapat memicu kepekaan itu, bahkan jika Anda belum pernah mengalaminya sebelumnya.

3. Penyakit gigi

Ternyata, ibu hamil lebih rentan terhadap penyakit gusi dan gigi, seperti gusi berdarah, gigi berlubang, sensitif, dan lain-lain. Dan bukan main, menurut Journal of Natural Science, Biology and Medicine ibu hamil yang mengalami masalah gigi memiliki risiko lebih besar untuk melahirkan bayi prematur!

Baca juga: Penyebab Gigi Sensitif Ternyata Dipicu dari Hal Sepele, Ini Penjelasan Dokter Gigi!

Cara Mengatasi Gigi Sensitif Saat Hamil Secara Alami

Penyebab & Cara Mengatasi Gigi Sensitif Saat Hamil Secara Alami

Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati sakit gigi dan gusi seringkali tidak dianjurkan karena berpotensi membahayakan kehamilan. Tapi tenang, ada beberapa cara-cara alami untuk mengatasi gigi sensitif selama hamil yang dapat Mama lakukan.

1. Pilih sikat berbulu lembut

Gigi sensitif membutuhkan sentuhan yang lebih halus pula. Sikat berbulu lembut, bisa membantu membersihkan sela-sela gigi tanpa menimbulkan rasa sakit dan gusi berdarah.

2. Hindari makanan terlalu panas dan dingin

Jika rasa ngilu di gigi tidak tertahankan dan menimbulkan ketidaknyamanan, hindari makanan pemicunya seperti minuman panas atau es krim yang sangat dingin. Mama bisa menikmatinya lagi setelah melahirkan.

3. Kurangi makanan manis

Gula memberi makan bakteri di mulut Mama, yang dapat menyebabkan gigi cepat berlubang dan terasa nyeri. Jika Mama sangat menginginkan makanan manis, segera sikat gigi dan berkumur dengan mouthwash setelahnya untuk menghilangkan kotoran di mulut.

4. Cek ke dokter gigi

Mama dianjurkan tetap memeriksaan gigi rutin selama kehamilan. Beri tahu juga kondisi kehamilan Mama kepada dokter gigi, sehingga dokter bisa menentukan tindakan yang boleh dan tak boleh dilakukan (misalnya rontgen jenis tertentu).

Artikel terkait: Bolehkah Ibu Hamil ke Dokter Gigi?

5. Gunakan pasta gigi dan mouthwash yang natural

Menjaga kebersihan mulut selama hamil saja nyatanya tidaklah cukup. Selain bersih, Mama perlu menghindari bahan-bahan toksin dalam pasta gigi umumnya, seperti:

  • Triclosan
  • Detergen sulfat (SLS/SLES)
  • Fluoride
  • Phthalates
  • Paraben

Mengapa? Rupanya paparan dari kandungan tersebut, misalnya fluoride, dapat semakin mengikis enamel gigi dan berbahaya untuk kesehatan janin. Untuk itu, selama hamil Mama dianjurkan beralih ke pasta gigi bebas toksin dengan alternatif bahan yang lebih natural, misalnya siwak.

Baca juga: Apa yang Membuat Kandungan Siwak dalam Pasta Gigi Istimewa?

Nah, untuk Mama yang tengah hamil, jangan khawatir. Kini di Indonesia sudah tersedia pasta gigi lokal yang diformulasikan aman untuk ibu hamil, yaitu Mama’s Choice Toothpaste.

Diperkaya dengan siwak, klorofil, mint, dan allantoin, Mama’s Choice Toothpaste menawarkan alternatif bahan natural yang aman sebagai pengganti fluoride dan antibakteri kimia lainnya. Formulanya juga 100% bebas dari bahan kimia seperti detergen sulfat, paraben, dan triclosan.

Pasta gigi dan mouthwash Mama's Choice aman untuk ibu hamil dan menyusui
Sumber: Instagram Mama @nevie.rost

Selain itu, Mama’s Choice juga menghadirkan mouthwash bebas alkohol yang aman untuk ibu hamil dan bisa membantu mengurangi morning sickness, lho. Sangat cocok dan aman untuk gigi sensitif Mama.

Tak hanya untuk Mama, pasta gigi ini juga aman untuk dipakai seluruh keluarga. Keduanya bisa didapatkan lebih hemat dengan harga bundling.

kemasan baru pasta gigi dan mouthwash Mama's Choice
Dapatkan Diskon 26% untuk Mama’s Choice Oral Care! | Rp 65.000 Rp 88.000

Pasta gigi dan Mouthwash Mama’s Choice ini sudah dipercaya dan menjadi favorit banyak ibu hamil di Indonesia, salah satunya oleh Talita Bachtiar, ipar penyanyi cilik Tasya Kamila.

Sumber: Instagram Mama @talitawb

Sekarang Mama sudah tahu dong penyebab dan cara mengatasi gigi sensitif selama hamil? Jangan khawatir lagi ya Ma. Meski tidak berbahaya, gigi sensitif saat hamil menunjukkan bahwa Mama membutuhkan perawatan mulut yang lebih ekstra aman.

Yuk dapatkan harga spesial produk perawatan ibu hamil yang aman, halal, dan natural dengan klik banner berikut ini. Jangan sampai kehabisan promonya!

 

Sumber:

Lspdental.com

Nhs.uk

SHARE THIS POST

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp200K dapat diskon Rp25,000 dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now