Search

Tips Bijak Memilih Obat Nyamuk yang Aman untuk Bayi

“Selalu bingung kalau musim hujan tidak menentu seperti ini bikin banyak nyamuk. Apalagi di rumah saya ada taman. Kalau untuk anak dan bayi harus pakai obat nyamuk apa yang aman ya?”

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia memang membuat kita mau tidak mau harus hidup berdampingan dengan nyamuk. Sebab nyamuk hidup dan berkembang biak di iklim yang panas dan lembap.

Selain membuat gatal, nyamuk juga berpotensi menularkan beragam penyakit berbahaya seperti malaria atau demam berdarah. Karena itu, jangan sampai nyamuk menggigit Si Kecil ya, Ma.

gigitan nyamuk pada bayi 

Mama bisa memakaikan kelambu saat bayi tidur, atau baju tertutup yang melindungi seluruh tubuh Si Kecil. Tapi cara itu kurang efektif, mengingat bayi yang sedang senang bereksplorasi mudah kepanasan dan tidak suka ruang geraknya dibatasi. Mau pakai obat nyamuk? Boleh saja, asal pilih yang tidak memiliki kandungan berbahaya di dalamnya.  

Bahan Obat Nyamuk yang Tidak Aman untuk Bayi

Di pasaran, kita mengenal banyak jenis obat nyamuk mulai dari obat nyamuk bakar, semprot, elektrik, hingga lotion anti nyamuk.

Produk obat nyamuk yang dijual di pasaran memang efektif mengusir nyamuk, namun tidak semua produk tersebut memperhatikan bahan yang dapat membahayakan Si Kecil. Berikut ini beberapa kandungan berbahaya dalam obat nyamuk yang perlu Mama waspadai. 

obat nyamuk yang tidak aman untuk bayi

1. DEET 

Bahan kimia ini populer digunakan untuk mengusir serangga, termasuk nyamuk. DEET memiliki senyawa yang membingungkan nyamuk, membuatnya terbang menjauh dan tidak menggigit kulit. Namun penggunaan DEET sempat diperbincangkan karena adanya laporan kejang-kejang pada anak-anak yang mungkin disebabkan oleh paparan DEET.

CDC lebih lanjut menyatakan bahwa penggunaan DEET dapat mengakibatkan munculnya ruam atau iritasi pada kulit yang sensitif. 

2. DDT

DDT (dichloro-diphenyl-trichloroethane) adalah insektisida sintetis modern pertama yang awalnya dirancang untuk memerangi malaria atau penyakit lain yang ditularkan melalui serangga. Namun pada tahun 1960an, bahan kimia ini dilarang setelah banyak ditemukan bukti adanya efek racun yang membahayakan manusia dan lingkungan hidup.

3. Toksin Lainnya

Tidak bosan-bosan mengingatkan, bahan kimia berbahaya seperti paraben, parfum, dan alkohol, juga sebaiknya tidak ada dalam obat nyamuk bayi. Masih ingat kan, kasus bedak bayi yang masih mengandung talc dan bisa menimbulkan gangguan pernapasan?

Karena itu, meskipun sudah berembel “obat nyamuk khusus bayi” atau produk bayi, Mama perlu tetap mewaspadai kandungan di dalamnya.

Obat Nyamuk Alami yang Aman untuk Bayi 

obat nyamuk alami yang aman untuk bayi

Memilih obat nyamuk untuk bayi memang harus hati-hati, sebab bayi memiliki organ dan kulit yang rentan dan sensitif. Karena itu, bahan-bahan alami ini adalah alternatif yang lebih aman untuk mengusir nyamuk dari Si Kecil. 

1. Citronella Oil

Citronella oil adalah obat nyamuk alami yang terkenal. Jika diracik dengan formulasi yang tepat, citronella oil bahkan sama efektifnya dengan DEET. Hebat ya!

2. Andiroba Seed Oil

Mungkin Mama belum familiar dengan andiroba oil maupun tanamannya. Andiroba seed oil adalah bahan alami yang teruji klinis efektif mengusir nyamuk, khusunya jenis Aedes aegypti yang menyebabkan penyakit demam berdarah. 

3.  Lavender Oil

Lavender oil adalah obat alami favorit yang banyak manfaatnya. Ternyata, lavender oil memiliki aroma yang harum bagi manusia, namun tidak disukai nyamuk. Cara kerjanya mirip dengan DEET, namun 100% lebih aman. Selain ampuh mengusir nyamuk, lavender oil juga punya efek menenangkan dan menyejukkan kulit yang iritasi.

Tips Memilih Obat Nyamuk yang Aman untuk Bayi

  1. Hanya gunakan produk obat nyamuk alami dan natural, bebas dari DDT dan DEET. 
  2. Tetap cek kandungan di kemasan dan hindari bahan berbahaya seperti paraben, mineral oil, dan parfum.
  3. Jangan lanjutkan penggunaan obat nyamuk jika ada reaksi alergi pada kulit bayi.

Pilih Obat yang Aman untuk Jauhkan Nyamuk Nakal

Mama tidak perlu susah payah lagi meracik bahan-bahan alami sendiri. Sebab telah hadir lotion anti nyamuk khusus untuk bayi yang alami, natural, dan bebas toksin, yakni Mama’s Choice Baby Mozzbye Protection Lotion!

Mama’s Choice Baby Mozzbye Protection Lotion terbuat dari perpaduan 6 minyak alami, di antaranya andiroba oil dan lavender oil yang ampuh membuat nyamuk nakal pergi jauh-jauh . Teruji klinis mampu melindungi bayi dari nyamuk selama 8 jam.

Mama's Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion, Anti Nyamuk untuk Bayi
Mama’s Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion Rp 89.000 (Hemat 25%)

100% bebas kandungan berbahaya seperti DDT, DEET, paraben, mineral oil, dan perfume. Dan juga telah tersertifikasi Halal sehingga Mama semakin tenang untuk menggunakannya!

Mama's Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion, Anti Nyamuk untuk Bayi

Nah, demikian tips bijak memilih obat nyamuk yang aman untuk bayi. Mama tidak perlu lagi khawatir dengan nyamuk saat Si Kecil tidur atau bermain di taman. 🙂 

Temukan juga produk perawatan ibu dan bayi selengkapnya dengan harga spesial di sini yuk! #SeamanPelukanMama

Artikel terkait: Cara Mengatasi Ruam Susu Pada Bayi

 

 

Sumber: 

Healthline.com

Epa.gov

Webmd.com

Mosquitoreviews.com

SHARE THIS POST

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Add Rp90,000 to earn shipping rebates!

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now