Ngobrol Bareng AyahASI, Bikin Hubungan Makin Serasi

Mama tentu masih ingat, pada tanggal 11 Februari 2020 yang lalu tim Mama’s Choice kedatangan tamu spesial untuk live bersama. Yap, bener banget! Bersama Mas Rahmat, Co-Founder dari AyahASI, kami membahas tentang bagaimana caranya menjadi lebih siaga dan pengertian, baik untuk Mama atau Papa.

Buat Mama yang belum tau, AyahASI sendiri merupakan sebuah gerakan sosial para Ayah yang membantu memberikan informasi seputar menyusui. Informasi umum yang disampaikan dengan cara yang bapak-bapak banget! Jadi cocok untuk para Papa yang ingin tahu banyak mengenai ASI.

Kalau Mama nggak sempat nonton live nya, nggak usah sedih ya. Kami akan mengulas kembali percakapan seru kami dengan Mas Rahmat. Mulai dari cara berkomunikasi dengan pasangan hingga cara berbagi tugas di rumah. Penasaran? Scroll down terus ya, Ma!

Baca juga: Jangan Terburu-buru! Kenali Prosedur Suntik Putih dan Bahayanya Pada Kehamilan

Ketika Mas Rahmat dari AyahASI memberikan wejangan

Mas Rahman AyahASI bersama Rahne Putri

Mas Rahmat mengungkapkan bahwa sebenarnya banyak kok para Papa yang mau membantu merawat bayi hingga pekerjaan rumah. Tapi komunikasinya harus jelas sehingga pesan tersampaikan dengan baik. Selain itu, ada wejangan-wejangan lainnya nih dari Mas Rahmat untuk para Mama dan Papa yang lagi baca.

1. Jangan kode-kodean

talking with husband

Kata Mas Rahmat, nungguin bapak-bapak bergerak sendiri itu susah! Kalau Mama ingin lebih dimengerti tanpa harus mengucapkan sepatah kata, hal yang berbeda dirasakan oleh parah Papa. Itulah perbedaan yang harus dimengerti oleh para Mama. 

Para Papa akan lebih senang jika suatu hal dikomunikasikan. Jadi untuk para Mama, kalau butuh sesuatu langsung bilang saja, ya. Jangan tunggu Papa bergerak karena Mama bisa capek dan kesal sendiri.

2. Pentingnya dukungan dari Papa

suami memberikan wejangan

Jangan biarkan istri berjuang sendirian, baik dalam membesarkan anak atau mengurus rumah. Maka dari itu, support dari Papa sangatlah penting. Jangan cuma memanjakan istri pada saat hamil saja. Papa harus terus memberikan perhatian dan kasih sayang yang sama seperti ketika pacaran, menikah, hamil dan melahirkan. Kalau istri senang kan satu keluarga juga ikutan happy!

3. Melewati masa baby blues atau postpartum syndrom

baby blues

Tugas seorang dokter ketika pasiennya sedang mengalami baby blues atau PPD adalah memberikan solusi. Tugas seorang Papa? Tentu untuk selalu mendengarkan dan berada di samping Mama. Untuk para Papa, cobalah untuk lebih mendengarkan Mama. Papa nggak perlu tau semua jawaban karena Mama hanya ingin didengar. Berikan sentuhan, pelukan dan waktu yang lebih untuk selalu mendukung Mama di masa sulitnya.

4. Mengetahui bahasa cinta pasangan

dont know about love language

Baik dengan kata-kata, sentuhan atau hadiah, untuk mengetahui love language pasangan itu sangat penting. Cari tahu bagaimana pasangan mengkomunikasikan cintanya sehingga Papa bisa lebih tepat dalam memberikan perhatian. Nggak perlu repor-repot, yang pasti pas dan tepat sasaran!

5. Berikan Papa kepercayaan dalam mengurus anak

mengurus anak ala AyahASI

Wejangan yang satu ini khusus untuk Mama lagi, nih. Ketika Mama mengharapkan Papa untuk membantu pekerjaan rumah, berikanlah kepercayaan pada nya untuk melakukan hal-hal sesuai dengan caranya. Jangan terlalu mengatur dan membuat Papa merasa tidak nyaman untuk berkontribusi dalam kegiatan rumah tangga.

Jadi, Mama harus menghindari kesan memerintah sehingga Papa tidak merasa di serang atau di koreksi. Biarkan Papa belajar dan melakukan kegiatan dari pengamatannya sendiri.

Itu dia wejangan-wejangan asik yang diberikan Mas Rahmat AyahASI untuk para Mama dan Papa. Tips-tips di atas nggak susah untuk dilakukan, kan? Yuk, coba ubah kebiasaan yang kurang efektif ketika berkomunikasi dengan pasangan agar Mama, Papa dan si kecil selalu bahagia.

Jangan lupa juga untuk selalu memberikan produk yang aman untuk Mama dan si kecil. Dengan produk natural dari Mama’s Choice, kebutuhan Mama hamil dan menyusui akan terpenuhi tanpa rasa khawatir. Percayakan kepada kami ya, Ma Pa!

wejangan dari ayahasi bikin makin serasi

 

SHARE THIS POST

Avatar

fakhrana

Seorang wanita yang menumpahkan perasaannya pada kata, karena ia percaya kata memiliki kuasa. Terus menulis hingga terasa penuh dan terisi, selalu senang ketika menginspirasi.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout