Ibu Menyusui Juga Bisa Tidur Nyenyak, Kok! Begini Rahasianya

Sewaktu baru melahirkan, tidur 8 jam menjadi sebuah keistimewaan bagi saya. Ketika bayi tidur, saya bingung memilih apakah saya ikut tertidur juga atau melakukan hal-hal lain? Apakah saya lebih baik memompa ASI? Menonton drakor? Membaca buku? Tapi saya juga ingin tidur. Bingung ya. Apakah ini juga terjadi pada Mama? Yang merasa sulit menentukan waktu tidur ibu menyusui?

Faktanya, semakin berkualitas waktu tidur ibu menyusui, semakin lancar pula produksi ASI yang dihasilkan. Begitu juga sebaliknya. Hal ini terjadi karena saat Mama kurang tidur, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat menghambat produksi ASI. 

Jika seseorang memiliki waktu tidur kurang dari 8 jam, bisa berisiko terkena penyakit tertentu dalam jangka panjang seperti obesitas, penyakit hati, diabetes, dan melemahnya sistem imun. Tentu saja, untuk ibu menyusui, risiko ini bisa berdampak pada kesehatan bayi.

Lantas, bagaimana tips agar waktu tidur ibu menyusui bisa tercukupi?

Pertama, kenali jam tidur bayi.  Bayi mempunyai jam tidur lebih banyak daripada orang dewasa dan ini penting untuk perkembangan otaknya. Seiring usianya bertambah, siklus tidur bayi akan berubah-ubah. Lihat pola natural bangun dan tidur pada anak. Jika perlu catat jam-jamnya. Kapan saja si kecil terbiasa tidur tanpa terbangun? Berapa lama? Setelah mengenali pola tidur bayi, Mama dapat merencanakan jadwal untuk beristirahat, atau melakukan kegiatan lain yang bermanfaat untuk Mama.

drama ibu menyusui

Kedua, bagi waktu tidur pada pagi, siang, dan malam hari. Tentu tidur langsung selama 8 jam tidak mudah. Mama bisa bagi-bagi jam istirahat selama 24 jam. Hal ini ini bisa juga dikaitkan dengan jam tidur pulas si bayi. Saran terbaiknya, Mama bisa tidur minimal 3-4 jam di malam hari, 2 jam di pagi hari, dan 2 jam di siang atau sore hari. Apabila pada tidak bisa tidur, tetaplah berbaring dan  beristirahat. Kalau bisa jangan pegang handphone, ya, Ma, agar otak bisa beristirahat dan rileks.

Ketiga, pastikan kebutuhan nutrisi Mama selalu tercukupi, ya. Saat terbangun untuk menyusui, penting bagi Mama untuk mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi untuk memenuhi nutrisi tubuh. Hal ini berpengaruh langsung pada kualitas ASI yang berperan penting dalam tumbuh kembang si kecil kelak. Selain itu, asupan nutrisi juga membantu menjaga daya tahan tubuh Mama yang berisiko kurang tidur.

Keempat, hindari hal-hal yang menyebabkan stres. Kami paham, setelah melahirkan semua hal nampak menjadi prioritas, apalagi dengan kesehatan anak. Kurangi rasa overthinking. Cari informasi yang akurat dan dari para ahli, jika Mama masih merasa ragu terhadap sesuatu. Menurut Robin Berzin, MD (Doctor & Founder Of Parsley Health) stress juga menjadi racun berbahaya yang dihadapi tubuh setiap hari. Stress dapat mengubah ekspresi genetik, menyebabkan kerusakan otak, mematikan sistem kekebalan tubuh dan banyak lagi. Begitpula dengan bahan berbahaya yang terdapat pada produk perawatan sehari-hari bagi ibu hamil & menyusui yang seringkali luput dari perhatian. Bahan fluoride & triclosan pada pasta gigi dapat mengganggu perkembangan janin dan bayi.

Begitupula dengan pemakaian produk perawatan harian, selalu utamakan untuk memilih produk yang berkualitas, bebas toksin, dan aman untuk kesehatan. Seperti pasta gigi & mouthwash Mama’s Choice.

Hindari stres berlebihan dalam memilih produk yang aman untuk kesehatan Mama, bayi, dan keluarga.

Sekarang, Mama bisa istirahat lebih lama karena tidak perlu menghabiskan waktu untuk melihat bahan-bahan apa saja yang aman digunakan selama hamil serta menyusui. Karena team dari Mama’s Choice bekerja keras untuk membantu memberikan ketenangan pada dengan menciptakan produk aman, halal dan natural. Jadi, Mama tak perlu cemas lagi 😀

ibu menyusui kurang tidur

Kelima, tetaplah waras dan berbahagia. Selalu ingat bahwa ini hanya sementara Ma, nanti anak akan kian membesar dan menjalani hidupnya. Lakukan apa yang membuat Mama bersemangat menjalani peran sebagai orang tua. Bersyukur dengan kesehatan dan kesempurnaan si kecil, adalah salah satunya.

Meskipun tidak mudah, usahakan untuk Mama bisa mencukupi istirahat harian. Asalkan Mama bisa disiplin serta bersedia untuk atur waktunya. Jangan lupa, untuk tetap positif menjalani apa yang menjadi #PilihanAmanMama, ya.

cerita ibu menyusui

Percayalah, bayi yang bahagia, juga berawal dari Mama yang bahagia. Bayi yang sehat, juga berawal dari Mama yang sehat. Setuju? Selamat tidur nyenyak, Ma 🙂

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Tak Cuma Pelukan Suami, 5 Sentuhan Ini Bisa Membuat...
Learn more
Card image
5 Langkah Pijat Oksitosin yang Bisa Bikin ASI Lebih...
Learn more
Card image
Mama's Choice hadir di Mombee Fair Medan!
Learn more
Card image
3 Langkah Mudah Jadi "Ayah ASI", untuk Bantu Mama...
Learn more