Ibu Menyusui Juga Bisa Tidur Nyenyak, Kok! Begini Rahasianya

Sewaktu baru melahirkan, tidur 8 jam menjadi sebuah keistimewaan bagi saya. Ketika bayi tidur, saya bingung memilih apakah saya ikut tertidur juga atau melakukan hal-hal lain? Apakah saya lebih baik memompa ASI? Menonton drakor? Membaca buku? Tapi saya juga ingin tidur. Bingung ya. Apakah ini juga terjadi pada Mama? Yang merasa sulit menentukan waktu tidur ibu menyusui?

Faktanya, semakin berkualitas waktu tidur ibu menyusui, semakin lancar pula produksi ASI yang dihasilkan. Begitu juga sebaliknya. Hal ini terjadi karena saat Mama kurang tidur, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat menghambat produksi ASI. 

Jika seseorang memiliki waktu tidur kurang dari 8 jam, bisa berisiko terkena penyakit tertentu dalam jangka panjang seperti obesitas, penyakit hati, diabetes, dan melemahnya sistem imun. Tentu saja, untuk ibu menyusui, risiko ini bisa berdampak pada kesehatan bayi.

Lantas, bagaimana tips agar waktu tidur ibu menyusui bisa tercukupi?

Pertama, kenali jam tidur bayi.  Bayi mempunyai jam tidur lebih banyak daripada orang dewasa dan ini penting untuk perkembangan otaknya. Seiring usianya bertambah, siklus tidur bayi akan berubah-ubah. Lihat pola natural bangun dan tidur pada anak. Jika perlu catat jam-jamnya. Kapan saja si kecil terbiasa tidur tanpa terbangun? Berapa lama? Setelah mengenali pola tidur bayi, Mama dapat merencanakan jadwal untuk beristirahat, atau melakukan kegiatan lain yang bermanfaat untuk Mama.

drama ibu menyusui

Kedua, bagi waktu tidur pada pagi, siang, dan malam hari. Tentu tidur langsung selama 8 jam tidak mudah. Mama bisa bagi-bagi jam istirahat selama 24 jam. Hal ini ini bisa juga dikaitkan dengan jam tidur pulas si bayi. Saran terbaiknya, Mama bisa tidur minimal 3-4 jam di malam hari, 2 jam di pagi hari, dan 2 jam di siang atau sore hari. Apabila pada tidak bisa tidur, tetaplah berbaring dan  beristirahat. Kalau bisa jangan pegang handphone, ya, Ma, agar otak bisa beristirahat dan rileks.

Ketiga, pastikan kebutuhan nutrisi Mama selalu tercukupi, ya. Saat terbangun untuk menyusui, penting bagi Mama untuk mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi untuk memenuhi nutrisi tubuh. Hal ini berpengaruh langsung pada kualitas ASI yang berperan penting dalam tumbuh kembang si kecil kelak. Selain itu, asupan nutrisi juga membantu menjaga daya tahan tubuh Mama yang berisiko kurang tidur.

Stres penyebab ibu menyusui sulit tidur

Keempat, hindari hal-hal yang menyebabkan stres. Kami paham, setelah melahirkan semua hal nampak menjadi prioritas, apalagi dengan kesehatan anak. Kurangi rasa overthinking. Cari informasi yang akurat dan dari para ahli, jika Mama masih merasa ragu terhadap sesuatu. Menurut Robin Berzin, MD (Doctor & Founder Of Parsley Health) stress juga menjadi racun berbahaya yang dihadapi tubuh setiap hari. Stress dapat mengubah ekspresi genetik, menyebabkan kerusakan otak, mematikan sistem kekebalan tubuh dan banyak lagi. Begitpula dengan bahan berbahaya yang terdapat pada produk perawatan sehari-hari bagi ibu hamil & menyusui yang seringkali luput dari perhatian. Bahan fluoride & triclosan pada pasta gigi dapat mengganggu perkembangan janin dan bayi.

Kelima, tetaplah waras dan berbahagia. Selalu ingat bahwa ini hanya sementara Ma, nanti anak akan kian membesar dan menjalani hidupnya. Lakukan apa yang membuat Mama bersemangat menjalani peran sebagai orang tua. Bersyukur dengan kesehatan dan kesempurnaan si kecil, adalah salah satunya.

Istirahat, dan nikmati relaksasi terbaik bersama Mama’s Choice.

Sekarang, Mama bisa istirahat lebih nyenyak dengan momen relaksasi yang bisa Mama ciptakan sendiri. Mama’s Choice Relaxing Massage Oil hadir sebagai solusi yang tepat untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, serta pengalaman pijat yang nyaman serta aman.

ibu menyusui kurang tidur

Meskipun tidak mudah, usahakan untuk Mama bisa mencukupi istirahat harian. Asalkan Mama bisa disiplin serta bersedia untuk atur waktunya. Jangan lupa, untuk tetap positif menjalani apa yang menjadi #PilihanAmanMama, ya 🙂

Mama's Choice Relaxing Massage Oil

Percayalah, bayi yang bahagia, juga berawal dari Mama yang bahagia. Bayi yang sehat, juga berawal dari Mama yang sehat. Setuju? Selamat tidur nyenyak, Ma 🙂

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more