Search

5 Manfaat Membacakan Buku Bacaan untuk Bayi Baru Lahir

Apakah Mama rajin membacakan buku untuk anak sedari bayi? Ternyata walaupun Si Kecil belum mengerti, ada banyak manfaat yang dari membacakan buku untuk bayi lho, Ma. Lalu, seperti apa buku bacaan yang tepat untuk bayi baru lahir? Yuk, simak artikel berikut ini!

Manfaat Membacakan Buku untuk Bayi

Tidak perlu menunggu Si Kecil bisa bicara, Mama sudah bisa membacakan buku untuk bayi sejak usia nol bulan. Meskipun bayi tidak mengerti, tapi ia akan tertarik dengan gambar warna warni yang ada di buku, dan akan tenang mendengarkan suara Mama yang sedang bercerita.

Yuk, simak beberapa manfaat membacakan buku untuk bayi beriku ini, Ma!

1. Mempererat bonding

Membacakan buku untuk bayi dapat meningkatkan keintiman Mama dan bayi. Sebab melalui buku, Ibu dan anak bisa saling berinteraksi. Misalnya saat Mama meminta bayi menunjuk objek tertentu, atau saat bayi terhibur dengan cara membaca Mama yang menggunakan intonasi dan ekspresi tertentu.

2. Melatih fokus dan konsentrasi

Dinah Castro, pendidik di Cornell Cooperative Extension menyatakan bahwa membacakan buku sejak dini dapat mengembangkan kemampuan konsentrasi dan keterampilan disiplin diri. Karena ia harus menyimak halaman per halaman saat Mama sedang membaca.

Mama tentu ingin Si Kecil menjadi pribadi yang cerdas dan disiplin, bukan?

3. Meningkatkan kerja otak

Penelitian dari American Academy of Pediatrics menunjukkan bahwa interaksi verbal (membaca, berbicara, dan lain-lain) antara orang tua dan bayi dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan skor IQ-nya hingga bayi tumbuh dewasa. Siapa yang tidak ingin anak cepat pandai bicara?

4. Baik untuk perkembangan emosi

Ternyata tak hanya cerdas secara intelektual, membaca juga membuat bayi lebih matang secara emosional. Sebab ekspresi yang Mama tunjukkan saat membacakan buku membuat bayi mengetahui beragam emosi. Melalui cerita, bayi juga belajar bagaimana menghadapi situasi dan emosi tertentu.

5. Menumbuhkan kebiasaan membaca

5 Manfaat Membacakan Buku Bacaan untuk Bayi Baru Lahir

Membiasakan anak dengan buku setiap hari mengajarkan bahwa membaca buku adalah kegiatan yang menyenangkan. Sikap itu akan terbawa hingga ia dewasa, sehingga saat sekolah ia tidak melihat buku sebagai beban.

Semua manfaat di atas tidak bisa didapat dengan membiarkan bayi menonton televisi sendiri atau memberinya tablet untuk menyaksikan YouTube. Yuk ajari anak untuk menyukai buku sejak dini, supaya ia tidak tumbuh menjadi anak yang ketergantungan akan gadget.

Tips Membacakan Buku untuk Bayi

Agar waktu membaca jadi lebih menyenangkan, ada beberapa tips membacakan buku untuk bayi baru lahir yang dapat Mama lakukan. Antara lain:

1. Pilih buku yang tepat sesuai usia

Bacaan untuk bayi baru lahir lebih cocok dengan alur cerita sederhana, minim kata-kata, namun punya banyak warna dan gambar. Setelah usia 7 bulan ke atas, barulah Mama bisa mencoba buku dengan kata-kata yang sedikit lebih banyak dan tulisan besar.

2. Buku interaktif

Untuk bayi yang masih kecil, Mama bisa mencoba sensory book sebab lebih menarik perhatian. Sensory book membuat bayi bisa aktif dan betah mengeksplorasi pola, gambar, hingga suara yang ada di dalam buku.

3. Tetapkan waktu khusus

Tentukan waktu untuk membacakan buku setidaknya sekali setiap hari, misalnya di malam hari sebelum tidur. Dengan menciptakan rutinitas malam, bayi Mama akan jadi terbiasa dengan kegiatan ini dan tidur lebih tenang.

4. Letakkan buku di sisinya

Biarkan buku dapat diakses dengan mudah oleh bayi, misalnya dengan membuat rak buku di kamar bermainnya. Sehingga ketika ia mengambilnya sendiri, Mama bisa tahu bagian apa yang paling menarik perhatiannya. Pastikan bukunya terbuat dari bahan yang aman ya, misalnya kain atau plastik.

5. Buat jadi menyenangkan

Jangan hanya membaca, tapi buatlah berbagai ekspresi dan lihat bagaimana reaksi bayi. Atau ajak ia ikut berinteraksi dengan memintanya menunjuk gambar tertentu. Mama juga bisa membaca sambil menyanyi nursery rhymes yang Mama tahu.

6. Jaga kebersihan buku

Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan buku ya, Ma. Sebab di usia tertentu, bayi suka memasukkan apa saja ke mulutnya. Kulit bayi juga masih sensitif, sehingga barang yang kotor dapat membuat bayi rentan terkena penyakit.

Tips: Jangan lupa untuk membersikan permukaan buku secara berkala dengan pembersih bayi seperti Mama’s Choice Baby Multi-Purpose Cleaner. Pembersih serba guna yang praktis dan aman untuk bayi ini dapat melindungi permukaan barang dari bakteri, virus, dan debu.

Memilih Buku Cerita untuk Bayi

Buku cerita anak mahal? Kata siapa? Jika Mama mencari buku cerita anak yang menarik dengan harga terjangkau, Mama’s Choice telah menghadirkan Buku Cerita Anak Dunia Bunbun yang dapat menemani bonding time Mama dan Si Kecil di rumah lho!

Terdapat dua seri dari Buku Cerita Anak Dunia Bunbun  yang bisa Mama pilih, yaitu Seri Berbuat Baik dan Seri Bermain Aman. Buku cerita anak yang memiliki berbagai karakter dan ilustrasi menarik ini dapat Mama gunakan untuk mengajarkan nilai-nilai baik sedari dini pada Si Kecil.

buku bacaan untuk bayi baru lahir dari Mama's Choice

Kedua seri buku ini bisa didapatkan dalam paket seharga Rp 89.000, atau dapatkan gratis dengan membeli Irish Bella’s Baby Essential Kit untuk 100 orang pembeli pertama!

Dapatkan Diskon 41% untuk Irish Bella’s Baby Essential Kit | Rp 229.000 Rp 387.000

Buku ini bisa mulai dibacakan saat Si Kecil memasuki usia 6 bulan, atau bahkan sejak anak masih dalam kandungan. Tapi biasanya, Si Kecil sudah memiliki kemampuan untuk memahami ucapan Mama pada usia 6 bulan. Selain itu, kemampuannya untuk mengingat nama-nama karakter serta benda-benda yang Mama ceritakan pun akan semakin baik.

buku bacaan untuk bayi
Irish Bella, Chief Mama Officer Mama’s Choice membacakan buku untuk baby Air ❤

Wah, ternyata banyak ya, manfaat membacakan buku bacaan untuk bayi? Tunggu apa lagi Ma, yuk dapatkan Buku Cerita Anak Dunia Bunbun sekarang! Stok terbatas lho, Ma!

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

Artikel terkait: Tips Parenting yang Sehat dan Menyenangkan Ala Irish Bella

 

Sumber:

healthline.com

healthline.com

parents.com

pediatrics.aappublications.org

SHARE THIS POST

Ambar Arum

Senang belajar dan berbagi info tentang ibu, anak, dan keluarga. Sebab harta yang paling berharga adalah keluarga. Setuju kan? Semoga bermanfaat ya!

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp200K dapat diskon Rp25,000 dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now