Manfaat Jahe untuk Ibu Hamil

Mama's Summary

Manfaat jahe untuk ibu hamil selain mampu kurangi mual dan muntah, ternyata juga bisa redakan rasa lelah. Agar lebih praktis, Mama bisa konsumsi Mama’s Choice Pregnancy Supplement Morning Sickness.

Jahe merupakan jenis rempah yang sangat mudah ditemui dan biasa dipakai sebagai campuran pada masakan ataupun minuman. Apa Mama salah satu yang sering stok jahe di rumah?

Manfaat jahe memang sudah tidak diragukan lagi, saya sendiri menggunakan manfaat jahe sebagai penghangat tubuh saat musim hujan dan sekaligus sebagai pelega tenggorokan kalau sedang merasa tidak nyaman.

Mengutip sebuah pernyataan dari jurnal yang dipublikasikan di ncbi.nlm.nih.gov, jahe merupakan salah satu rempah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Zat Oleoresin pada jahe mengandung banyak komponen bioaktif salah satunya Gingerol yaitu zat dengan sensasi pedas utama yang diyakini mengerahkan fungsi farmakologis ( pengobatan ),  dan fisiologis.

Ibu hamil konsumsi jahe, amankah?

Banyaknya simpang siur informasi soal keamanan jahe untuk ibu hamil, ternyata jahe masih dikategorikan herbal yang aman untuk ibu hamil, Ma!

Sebuah informasi yang dikutip pada mothertobaby.org, ada beberapa kekhawatiran bahwa mengonsumsi jahe dapat memicu kegugurana atau cacat pada kelahiran. Padahal tidak ada kasus yang menyebutkan bahwa jahe dapat menimbulkan risiko tersebut.

Pada dasarnya, setiap wanita hamil memiliki risiko sebesar 3-5% untuk memiliki bayi lahir dengan cacat bawaan lahir, tergantung dari latar belakang atau riwayat kesehatan masing-masing ibu hamil, bukan disebabkan oleh makanan tertentu termasuk jahe. Penggunaan rata-rata 1.000mg jahe per hari masih digolongkan aman untuk ibu hamil.

Dari beberapa bukti ilmiah tersebut, diharapkan Mama tidak ragu lagi ya mengonsumsi jahe saat masa kehamilan. Selama dikonsumsi dalam porsi yang cukup, Mama nggak perlu khawatir.

Manfaat Jahe untuk Ibu Hamil

Berikut manfaat jahe yang mengutip momjunction.com serta di review oleh pakar nutrisi bersertifikat  khusus ibu hamil bernama Jyoti Benjamin. Bisa jadi sumber yang valid untuk menghilangkan rasa khawatir Mama saat mengonsumsi jahe.

1.   Melancarkan Peredaran Darah

Kita semua tahu ya Ma, semua penyakit bermula dari masalah pada peredaran darah. Manfaat jahe yang dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah tidak bisa dipandang sebelat mata. Peredaran  darah yang maksimal pada ibu hamil dapat memasok darah yang cukup pada janin.

2.   Mencegah Kolesterol

Manfaat jahe untuk ibu hamil juga dapat mencegah Mama dari risiko kolesterol tinggi. Ibu hamil yang mengalami kolesterol tinggi memiliki risiko Preeklamsia yaitu keracunan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi.

3.   Solusi Morning Sickness

Mual muntah pada trimester pertama kehamilan dapat Mama atasi dengan mengonsumsi jahe, ini karena jahe mengandung zat yang menenangkan yang dapat memberikan efek nyaman pada perut. Saat mual dan muntah pasti Mama tidak punya banyak tenaga untuk membuah teh jahe atau ramuan jahe yang pasti membutuhkan waktu yang lama. Mama tidak perlu khawatir, ada Mama’s Choice yang selalu jadi teman Mama saat mual dan muntah sekalipun.

Mama’s Choice Pregnancy Supplement Morning Sickness Relief dapat diandalkan untuk mengurangi mual dan muntah saat masa kehamilan dengan formula yang aman tanpa menimbulkan efek samping.

 

Keutamaan produk Mama’s Choice Pregnancy Supplement Morning Sickness

  • Ekstrak jahe, yang efektif meredakan mual saat pagi hari, meningkatkan imunitas dan nafsu makan
  • Lemon, dapat memberikan efek lega pada tenggorokan dan melancarkan pencernaan.
  • Vitamin B6, sebagai boosting metabolisme energi Mama dan nutrisi untuk perkembangan otak pada janin
  • Tanpa bahan kimia berbahaya seperti pengawet, pewangi, serta pewarna buatan
  • Menjalani uji klinis dan tersertifikasi Halal
  • Penyajiannya praktis, cukup diseduh dengan air hangat dan siap dinikmati
  • Terdaftar resmi BPOM: POM SD192254461

Suplemen kesehatan yang aman dikonsumi ibu hamil. Secara efektif meringankan gejala mual dan muntah selama kehamilan. Terbuat dari jahe dan vitamin B6. Menimbulkan sensasi hangat dan meningkatkan kekebalan tubuh Mama.

4.   Meredakan Otot yang Lelah

Manfat selanjutnya dari jahe, menguragi rasa nyeri. Misalnya yang terjadi pada tulang belakang, linu di bagian panggul, dan kaki yang sakit bisa dialami oleh ibu hamil. Mama bisa mengonsumsi minuman berbahan dasar jahe setelah seharian beraktivitas untuk meredakan otot yang lelah.

5.   Menstabilkan Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian menyebutkan manfaat jahe membantu menjaga kadar glukosa pada darah tetap terkendali. Ini juga membantu Mama menjaga level energi agar tidak mudah lelah saat masa kehamilan. 

Itulah manfaat jahe untuk ibu hamil, semoga dapat menjadi pengetahuan baru untuk Mama dan #KurangiWorry Mama perihal konsumsi jahe saat hamil. Mama bisa share informasi ini ke teman atau kerabat dekat, agar banyak Mama yang tahu tentang informasi menarik ini. Karena sesama perempuan harus saling dukung dari berbagai cara, termasuk berbagi ilmu yang bermanfaat. 

 

SHARE THIS POST

anita

anita

Biasa dipanggil Thatha, senang menulis sejak SMP. Ibu dari satu orang anak laki-laki. Pencinta travelling, kopi, fotografi, dan tanaman hias. "Put your own oxygen mask on first so you have enough air to breathe and energy for yourself before you can assist and give to others.” –NN , adalah prinsip hidupnya menjalani peran sebagai ibu, istri, penulis dan pribadi seutuhnya.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout