Search

Waktu Jam Tidur Bayi yang Baru Lahir hingga 12 Bulan

Mama penasaran dengan jam tidur yang dibutuhkan si Kecil? Meskipun setiap bayi memiliki waktu tidur yang berbeda, berikut adalah jam tidur bayi yang baru lahir hingga 12 bulan yang mungkin belum Mama ketahui!

Waktu Tidur yang Dibutuhkan Bayi

Waktu tidur yang dibutuhkan bayi berbeda, sesuai dengan usianya. Bayi yang baru lahir akan sering tertidur dengan waktu yang singkat. Saat bayi tumbuh, jumlah jam tidurnya akan berkurang secara perlahan. Hal ini diiringi dengan waktu tidur malamnya yang bertambah. Berikut merupakan rentang jam tidur bayi yang baru lahir hingga 12 bulan.

1. Bayi baru lahir hingga 3 bulan

Pada usia ini, bayi yang sehat memiliki waktu tidur sebanyak 14-17 jam per hari. Bayi akan tidur selama 2 hingga 4 jam lalu terbangun untuk makan, buang air atau karena stimulasi lingkungan. Walaupun tidak ada jadwal tidur yang harus diikuti, bayi biasanya tidur selama 8-12 jam di malam hari dan 2-5 jam di siang hari.

jam tidur bayi, jam tidur bayi baru lahir, waktu tidur bayi

2. Bayi usia 4 bulan hingga 6 bulan

Umumnya waktu tidur bayi sebanyak 14-16 jam. Pada rentang usia ini, waktu tidur di malam hari semakin panjang. Tidur siang bayi juga lebih teratur, yaitu sebanyak 3 kali dalam sehari pada usia 5 bulan. Selain itu, pola tidur bayi perlahan akan mengikuti rutinitas keluarga.

“Pada usia 6 bulan, bayi memiliki kemampuan untuk menenangkan diri. Sebelumnya bayi belum memiliki kemampuan tersebut” dr. McKenna, MD, dokter anak dari Indiana.

3. Bayi usia 7 bulan hingga 12 bulan

Waktu yang dibutuhkan bayi pada usia ini umumnya sebanyak 14 jam. Pada malam hari bayi akan tidur lebih lama, yaitu sebanyak 10-12 jam. Tidur siang bayi yang mulanya sebanyak 3 kali pun akan berkurang menjadi 2 kali.

jam tidur bayi, waktu tidur bayi, jam tidur bayi baru lahir

Tanda-tanda Masalah Tidur pada Bayi

Memasuki usia 6 bulan, Mama mungkin sering terbangun di malam hari karena si Kecil yang juga terbangun dan menangis. Tahap ini merupakan perkembangan yang normal pada bayi, biasanya disebut dengan tahap kecemasan akan perpisahan.

Tanda bayi mengalami tahap kecemasan adalah:

  1. Terbangun dan menangis di tengah malam setelah melewati tidur yang panjang
  2. Menangis saat Mama meninggalkan kamar
  3. Menolak tidur apabila tidak ada Mama atau Papa di dekatnya
  4. Tidak mau lepas dari pelukan Mama

Masalah tidur pada bayi juga bisa disebabkan oleh penyakit. Jika si Kecil menunjukkan tanda-tanda kesulitan tidur dan membuat pola tidur baru yang tidak teratur, Mama bisa berkonsultasi pada dokter anak, ya!

Cara Menidurkan Bayi

waktu tidur bayi

Bayi yang merasa aman dan nyaman akan lebih mampu menangani kecemasannya saat sebelum tidur di malam hari. Memeluk dan bermain dengan si Kecil di siang hari dapat membantunya merasa lebih aman, Ma. Selain itu terdapat beberapa cara lain untuk menidurkan dan membuat bayi merasa nyaman.

  1. Memberi waktu tidur siang pada bayi sesuai dengan usianya
  2. Sebelum tidur, jauhkan bayi dari gangguan maupun stimulasi dari lingkungan sekitar
  3. Memutar musik yang menenangkan sebelum bayi tidur
  4. Menidurkan bayi di tempat tidur saat bayi mulai mengantuk
  5. Saat terbangun di malam hari, tepuk-tepuk atau elus tubuh bayi untuk menenangkan. Mama tidak perlu mengangkat si Kecil dari tempat tidur, ya!
  6. Saat bayi menangis, tunggu sebentar lalu tenangkan dengan menepuk tubuhnya secara lembut. 
  7. Mama juga bisa membuat rutinitas khusus sebelum si Kecil tidur, seperti mandi, membacakannya buku, dan menimang bayi sambil menyanyikan lagu yang menenangkan.

Sensasi Relaksasi sebelum Bayi Tidur

Kegiatan mandi dapat memberikan sensasi relaksasi dan membuat bayi merasa nyaman. Hal ini juga dapat membantu bayi tidur dengan nyenyak. Namun, Mama perlu memperhatikan kandungan dari sabun bayi untuk si Kecil, ya! 

Kandungan alami seperti Lavender dan Chamomile pada sabun mandi bayi dapat memberi aroma yang menenangkan. Mama bisa mendapatkan manfaat dari kedua bahan alami tersebut pada Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash. Selain aromanya yang menenangkan, Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash juga diformulasikan khusus untuk membersihkan dan menutrisi kulit sensitif bayi.

Mama's Choice Hair and Body Wash, sabun bayi
Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash Rp 79.000 (Hemat 28%)

Sabun dan sampo bayi juga harus bebas dari bahan berbahaya seperti paraben, SLS/SLES, phthalates, dan triclosan ya, Ma! Jangan lupa untuk mengecek bagian belakang kemasan untuk menghindari terjadinya reaksi alergi dan iritasi yang akan mengganggu pertumbuhan si Kecil.

Setelah mandi, untuk menghindari kolik dan masuk angin Mama juga dapat memberikan si Kecil minyak telon dengan kandungan yang aman, halal, dan natural seperti Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil. Kehangatan dari Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil juga membantu bayi untuk tidur lebih nyenyak dan nyaman loh, Ma!

jam tidur bayi, Mama's Choice Baby Calming Tummy Oil, waktu tidur bayi, jam tidur bayi baru lahir

Demikian ulasan mengenai waktu jam tidur bayi yang baru lahir hingga 12 bulan. Semoga tulisan ini bermanfaat ya, Ma!

Yuk, cek kebutuhan yang dapat membantu si Kecil tidur nyenyak dengan harga spesial di sini!

Mama's Choice Baby Hair and Body Wash, sabun bayi

Artikel terkait: Cara Mengatasi Bayi Rewel dan Susah Tidur di Malam Hari

Sumber:

cosleeping.nd.edu

stanfordchildrens.org

whattoexpect.com

 

SHARE THIS POST

Annisa Nur Fitriani

Annisa Nur Fitriani

A long life learner.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Add Rp90,000 to earn shipping rebates!

Your cart is empty.

Shop now