Search

Darah Manis Prurigo Pada Anak Bayi, Ini Cara Mengatasi nya

Kalau memiliki anak dengan wajah manis, pasti menyenangkan. Tapi kalau darah manis pada anak bayi, waduh, jangan sampai ya, Ma. Darah manis pada anak dan bayi umum terjadi dan sangat mengganggu, karena itu yuk kenali penyebabnya dan ketahui cara mengatasi dan mencegahnya!

Apa Itu Darah Manis?

mencegah dan mengatasi darah manis pada anak

Darah manis dalam dunia medis dikenal sebagai prurigo, yaitu penyakit kulit berupa gatal-gatal dan bentol hingga koreng yang membekas dalam waktu lama. Kondisi ini sangat mengganggu Si Kecil saat sedang aktif mengeksplorasi dunia maupun saat tidur. 

Rasa gatal yang luar biasa memancing anak untuk menggaruk, akibatnya bentol-bentol jadi semakin menyebar. Dari yang awalnya hanya dua, lama-lama jadi puluhan. Belum lagi jika tangan anak dalam keadaan kotor saat menggaruk, sehingga bakteri berpotensi mengakibatkan infeksi. Luka koreng tersebut bisa meninggalkan bekas pada tubuh Si Kecil dalam waktu lama, bahkan sampai dewasa. 

Darah manis sebenarnya bisa dialami siapa saja, baik pada anak bayi maupun orang dewasa. Namun dampaknya lebih parah pada anak-anak. Berdasarkan penelitian, darah manis pada anak dapat berlangsung selama beberapa bulan bahkan sampai tahunan.

Penyebab Darah Manis

cara mencegah dan mengatasi penyebab darah manis pada anak

Ada beberapa mitos seputar darah manis yang sudah turun temurun, misalnya anak memiliki darah yang rasanya ‘manis’ sehingga mereka disukai nyamuk-nyamuk nakal. Maka orang tua sering menyarankan untuk memberi minuman pahit seperti jamu. Cara ini tentu tidak benar karena tidak ada temuan medis yang membuktikan keberhasilannya. 

Penyebab darah manis atau prurigo belum jelas diketahui. Namun salah satu pemicu yang sering ditemukan adalah dari gigitan nyamuk. Saat nyamuk menggigit anak, tubuh mengeluarkan reaksi hipersensitivitas terhadap antigen dalam air liur nyamuk sehingga muncul bentol yang gatal.

Jika anak menggaruknya, hal tersebut akan mengiritasi atau menggores kulit. Akibatnya, terbentuklah nodul (bintil-bintil) gelap yang bisa berbekas hingga 6 bulan atau lebih.

Cara Mengobati Bekas Darah Manis Pada Anak

Menurut Dr. Patna Komala Dewi, Sp.KK, M.Kes, rasa gatal berlebihan dan bekas luka di kulit yang susah hilang disebabkan oleh kondisi kulit yang kering. Untuk itu, jika Mama ingin menghilangkan bekas luka akibat darah manis, pastikan kulit bayi tetap lembap.

Menjaga kulit yang lembap, lembut dan sehat bisa dari dalam dengan memastikan kebutuhan cairan anak bayi tercukupi. Selain itu, perawatan luar bisa dilakukan menggunakan lotion atau krim ruam untuk mempercepat penyembuhan, seperti Mama’s Choice Baby Rash Cream.

“Body lotion juga sebaiknya bebas paraben, berbahan dasar air, serta organik”, dr. Patna memberi tambahan.

Dr. Aru Sudoyo, Sp.PD, KHOM, FACP dari MRCCC Siloam Hospitals Semanggi juga mengatakan, bekas darah manis pada anak-anak tidak perlu diobati dengan obat anti hiperpigmentasi. Sebab kulit anak masih dalam masa pertumbuhan dan bisa pulih seiring bertambahnya usia.

Cara Mencegah Darah Manis

mencegah darah manis dengan anti nyamuk anak

Mama pasti tidak mau kan Si Kecil gatal-gatal dan muncul bentol-bentol? Apalagi kalau menjadi koreng yang membekas sampai ia dewasa, tentu kurang sedap dipandang dan bisa membuatnya jadi tidak percaya diri.

Karena itu, sebelum terlambat dan membekas, Mama sebaiknya mencegah dengan melindungi anak dari pemicu prurigo, yaitu gigitan nyamuk. 

Ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan, seperti:

  1. Memakaikan kelambu saat anak tidur
  2. Gunakan baju yang menutupi tubuh Si Kecil
  3. Menggunakan obat dan lotion nyamuk untuk anak

Memang saat ini ada banyak jenis obat nyamuk yang dijual bebas, seperti obat nyamuk bakar, semprot, elektrik, serta lotion anti nyamuk. Tapi hati-hati karena banyak anti nyamuk yang berbahaya untuk anak dan bayi.

Hindari bahan kimia berbahaya DEET dan DDT dalam obat nyamuk untuk bayi. Hati-hati juga dengan paraben, parfum, mineral oil, serta alkohol yang biasanya ada dalam lotion anti nyamuk, sebab dapat membahayakan pernapasan dan kulit bayi yang sensitif.

Baca juga: Tips Bijak Menjauhi Bahan Berbahaya dalam Obat Nyamuk Anak

Gunakan Obat Nyamuk Alami yang Aman untuk Anak

Memilih lotion anti nyamuk yang alami dan aman untuk anak dan bayi adalah langkah yang bijak. Seperti Baby Mozzybye Protection Lotion Mama’s Choice yang memberi anak bayi proteksi penuh dari nyamuk nakal selama 8 jam.

Mama's Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion, Anti Nyamuk untuk Bayi
Mama’s Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion Rp 89.000 (Hemat 25%)

Lotion ini mengandung bahan-bahan alami yang efektif mengusir nyamuk seperti Lavender Oil, Andiroba Seed Oil, dan Citronella Oil. Bekerja dengan membuat nyamuk pusing dan pergi menjauh. Juga ampuh mengusir nyamuk Aedes aegypti yang menyebabkan demam berdarah!

Mama’s Choice Baby Mozzybye Protection Lotion 100% bebas bahan berbahaya DEET, DDT, paraben, mineral oil dan parfum. Dan telah tersertifikasi Halal, sehingga Mama tidak perlu khawatir untuk memakaikannya ke Si Kecil!

Mama's Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion, Anti Nyamuk untuk Bayi

Yuk cegah darah manis pada anak bayi dengan Mama’s Choice Baby Mozzybye Protection Lotion. Kulit anak bisa tetap manis bebas gatal akibat nyamuk nakal! 

Dapatkan juga rangkaian perawatan bayi lainnya yang 100% Aman, Halal, dan Natural dari Mama’s Choice di sini!

Baca juga: Cara Mengatasi Bayi Rewel dan Susah Tidur di Malam Hari

 

 

Sumber: 

Healthline.com

Derm-hokudai.jp

Jacionline.org

Momjunction.com

CDC.gov

Epa.gov

Webmd.com

Mosquitoreviews.com

SHARE THIS POST

Avatar

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Add Rp90,000 to earn shipping rebates!

Your cart is empty.

Shop now