Search

Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi: Tips Lengkap

Bayi Mama menangis selama berjam-jam di malam hari dan terjadi selama berhari-hari? Bisa jadi itu tandanya bayi Mama sedang mengalami kolik. Kolik pada bayi memang bisa membuat orang tua jadi stres dan cemas. Tapi tenang, Mama tidak sendiri. Agar Mama dan Papa tidak panik, yuk kenali dulu masalah kolik secara lengkap dan lihat strategi cara mengatasi kolik pada bayi.

Penyebab Kolik Pada Bayi

Hingga saat ini, penyebab kolik pada bayi belum dapat diketahui secara pasti. Namun ada beberapa faktor yang mungkin yang berkontribusi terhadap masalah kolik. Di antaranya:

  1. Sistem pencernaan bayi yang belum sempurna dengan otot yang sering kejang
  2. Ketidakseimbangan sistem pencernaan yang menyebabkan timbul gas
  3. Hormon yang menyebabkan sakit perut atau kembung
  4. Kepekaan terhadap cahaya, kebisingan, atau terlalu banyak stimulasi
  5. Alergi pada makanan tertentu
  6. Sistem saraf yang sedang berkembang
  7. Bentuk awal migrain anak
  8. Ketakutan, frustrasi, atau kegembiraan terkait kondisi keluarga.

Selain itu, para ahli setuju mengenai beberapa kondisi terjadinya kolik:

  1. Kolik biasanya terjadi ketika bayi berusia di atas 2 minggu untuk mereka yang lahir normal, atau lebih untuk mereka yang lahir prematur
  2. Kolik akan berhenti dengan sendirinya setelah bayi menginjak usia 3-4 bulan
  3. Dapat terjadi pada semua bayi. Perbedaan jenis kelamin, usia kehamilan, serta mengonsumsi ASI atau sufor tidak mempengaruhi besaran risiko kolik
  4. Bayi yang lahir dari ibu merokok memiliki risiko lebih besar untuk mengalami kolik
  5. Kolik tidak mengganggu tumbuh kembang bayi.

 

Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi

Meski tidak berbahaya bagi tumbuh kembangnya dalam jangka pendek maupun jangka panjang, kolik dapat mengakibatkan orang tua menjadi stres.

Riset menemukan korelasi antara kolik dengan kualitas kehidupan orang tua, antara lain: memunculkan perasaan bersalah, marah, dan putus asa, meningkatkan risiko depresi post-partum pada Mama, serta asi eksklusif berhenti lebih awal.

Tak hanya itu, Mama dan Papa harus menahan keinginan untuk mengguncang bayi akibat emosi tidak terkontrol saat merasa putus asa menenangkannya. Sebab mengguncang bayi dapat mencelakakan otak dan menyebabkan kematian.

Untuk itu, sangat penting memiliki strategi untuk menenangkan bayi kolik, bahkan sebelum Mama dan Papa mengalaminya. Berikut adalah langkah yang bisa Mama dan Papa lakukan.

  • Mengajaknya berjalan-jalan atau menaruhnya pada rocking chair
  • Berikan empeng
  • Gunakan botol dot anti kolik untuk mencegah gas masuk dalam perutnya
  • Putar lagu yang menenangkan dan gelapkan cahaya
  • Nyalakan derau putih (white sound), seperti bunyi AC, kipas angin, atau mesin lainnya
  • Mandikan bayi dengan air hangat
  • Berikan pijatan pada perut dan punggung menggunakan baby tummy rub atau oil, seperti Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil.

Bayi Tidur Lebih Nyenyak dengan Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil

Mama’s Choice memberikan solusi inovatif melalui Baby Calming Tummy Oil. Terinspirasi dari tempat teraman bayi, yakni pelukan seorang Mama, Mama’s Choice memastikan bahwa formulasi Baby Calming Tummy Oil 100% alami dan aman, #SeamanPelukanMama.

cara mengatasi kolik pada bayi
Dengan formula anti kolik efektif membantu atasi gangguan pencernaan pada bayi, menenangkan perut kembung dan meningkatkan kualitas tidur Si Kecil.

Telah Dermatologically-tested, Hypoallergenic, dan bersertifikasi halal, Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil tidak menyebabkan kulit iritasi. Wanginya yang segar dan lembut bisa membuat Mama dan bayi rileks.

Cukup berikan pijatan lembut pada perut, dada dan punggung bayi menggunakan Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil setelah mandi atau sebelum tidur, dan lihat perubahannya pada kualitas tidur Si Kecil dan Mama.

cara mengatasi kolik pada bayi

Dapatkan Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil di sini.

 

Tak Apa Merasa Bingung

Menghadapi kolik pada bayi bukan perkara mudah. Banyak orang tua merasa kesehatan mentalnya ikut terganggu akibat mengurus bayi.

Namun dengan mempelajari dan mengenali kolik, semoga Mama dan Papa dapat mengatasinya dengan lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Mama dan Papa!

 

sumber:

mayoclinic.org

webmd.com

SHARE THIS POST

Avatar

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Add Rp90,000 to earn shipping rebates!

Your cart is empty.

Shop now