3 Cara Hilangkan Mual Saat Hamil

Mama's Summary

Mual saat hamil, adalah hal yang wajar terjadi. Bagaimana cara terbaik untuk meminimalkannya?

Mual saat hamil, dialami sebagian besar Mama, lumrah terjadi di trimester awal. Salah satunya, dialami oleh Thatha, Head of Content Mama’s Choice ketika hamil 6 tahun lalu, kalau bangun tidur pagi-pagi, sudah pasti berdiam diri lumayan lama di kamar mandi. Selesai drama mual, rasanya lelah, karena sensasi mual menstimulasi ibu secara intens memuntahkan cairan di dalam perut.

Hal di atas yang Mama Thatha dan Mama lainnya alami dikenal sebagai morning sickness dan biasanya akan berakhir saat kehamilan memasuki minggu ke 12. Tapi ada juga yang berlangsung lebih lama, atau sebaliknya, sama sekali nggak mual! Berdasarkan penelitian, hal ini sangat dipengaruhi kondisi tiap Mama, salah satunya faktor metabolisme. Berdampak juga pada efek yang ditimbulkan.

Baca juga: 15 Ciri Ciri Hamil Muda, Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

Dari pengalaman yang Mama Thatha jalankan, ketenangan pikiran juga berbanding lurus dengan frekuensi mual. Sebisa mungkin sugesti ke diri sendiri, “fase ini bisa aku lalui dengan baik.” Getaran energi ibu, baik itu positif dan negatif, akan sampai juga ke bayi :). Dengan cara ini, Mama dan bayi sedang bekerja sama, mengendalikan rasa mual.

Tentu sambil dibarengi dengan usaha nyata lainnya, dong, ya. Karena tidak bisa diabaikan begitu saja. Mual berlebih juga berpotensi membuat Mama jadi lemas berkepanjangan. Sebelum ini terjadi, simak tiga cara di bawah ini untuk menghilangkan mual saat hamil.

1. Makan dengan porsi kecil tapi sering

Saat mual, salah satu risiko yang Mama hadapi adalah nafsu makan yang berkurang. Namun, jangan biarkan Mama merasakan rasa lapar dan kenyang yang terlalu. Usahakan mengondisikan perut Mama dalam keadaan yang netral. Dengan begitu akan mengurangi kemungkinan naiknya asam lambung yang menurut beberapa sumber dapat memicu mual pada ibu hamil.  Siasati dengan porsi makan yang kecil dan sering. Pastikan asupan makanan berat yang Mama konsumsi mengandung gizi seimbang, artinya mengandung nutrisi, protein, karbohidrat, lemak, serat, mineral, dan vitamin.

Mengutip dari americanpregnancy.org khusus untuk camilan, disarankan bisa berupa salad, sup ayam, sayur dan buah-buahan, biskuit, Pappermint tea, Pretzels. Hindari makanan yang mengandung aroma yang terlalu tajam, rasa yang sangat pedas, dan berminyak.

2. Konsumsi Jahe

Berdasarkan penelitian,  Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol dan shogaol yang dapat membantu meredakan mual dan muntah. Selain itu jahe juga diketahui mengandung Vitamin B6, yang baik untuk metabolisme energi, mendukung pembentukan jaringan dan perkembangan otak bayi. 

Mengadaptasi manfaat baik dari Jahe yang saya sebutkan di atas, Mama’s Choice punya sesuatu yang baru, yaitu “Pregnancy Supplement Morning Sickness Relief”, bantu Mama mengatasi mual dan muntah selama kehamilan. Perut nyaman dan tenang, karena kandungannya diperkaya dengan bahan-bahan tradisional, tanpa bahan pengawet, pewangi dan pewarna buatan. 

Tak hanya Jahe, “Pregnancy Supplement Morning Sickness Relief”, juga mengandung Lemon, untuk meredakan tenggorokan yang seringkali dibuat kering karena terlalu sering muntah. Ditambah bisa melancarkan pencernaan. 

Aroma jahe yang khas dan menghangatkan tubuh, bisa jadi minuman alternatif Mama sambil me time di rumah.

3. Stay Active!

Mual saat hamil bukan berarti Mama jadi bermalas-malasan di tempat tidur. Istrahat memang perlu, tapi usahakan dengan mengimbanginya melakukan aktivitas yang menyehatkan fisik dan mental.  Medicalnewstoday.com menyebutkan bahwa membuat diri Mama tetap sibuk akan mengalihkan pikiran Mama dari rasa mual. Lakukan aktivitas ringan seperti membaca buku, menonton televisi, melakukan hobi, atau sekadar berjalan sore mengelilingi area sekitar rumah.

Semoga dengan tiga cara di atas, Mama mampu mengatasi rasa mual tanpa khawatir, ya.

 

SHARE THIS POST

Mama's Choice Team

Mama's Choice Team

Kami tim yang terdiri dari Ibu, Ayah dan para Ahli yang berkomitmen dengan sepenuh hati agar Mama & keluarga memperoleh informasi jujur dan mendapat pilihan yang lebih baik dalam kehidupan dengan menciptakan produk aman, halal dan natural.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout