Search

Cermati dan Ketahui Berat Badan Ideal Anak Usia 2 Tahun

Sudahkah Mama menimbang berat badan Si Kecil hari ini? Berat badan anak harus terus dipantau ya Ma, supaya bisa dicek apakah sesuai dengan tahap perkembangannya. Yuk cermati dan ketahui berat badan ideal anak usia 2 tahun di sini!

“Menimbang bayi membantu Anda mengetahui apakah mereka tumbuh dengan sehat. Anda harus memeriksa berat badan bayi Anda secara teratur, untuk memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.” – situs Pregnancy Birth & Baby

Walaupun setiap anak tumbuh dengan berat dan tinggi badan yang bervariasi, namun ada batasan yang disepakati bersama sebagai rujukan untuk menentukan status gizi anak. Kementerian Kesehatan menggunakan WHO Child Growth Standards sebagai acuan standar berat badan, panjang badan, dan tinggi badan yang ideal bagi anak usia 0-5 tahun.

Berat Badan Ideal Anak Usia 2 Tahun

Berdasarkan kurva pertumbuhan WHO, berikut ini standar berat badan menurut umur (BB/U) untuk bayi usia 24 bulan. Penilaian tentang baik atau buruknya status gizi anak dinilai dalam satuan standar deviasi (SD).

Jenis Kelamin -3 SD -2 SD -1 SD Median +1 SD +2 SD +3 SD
Laki-Laki 8,6 kg 9,7 kg 10,8 kg 12,2 kg 13,6 kg 15,3 kg 17,1 kg
Perempuan 8,1 kg 9 kg 10,2 kg 11,5 kg 13 kg 14,8 kg 17 kg

 

Berdasarkan angka berat badan (BB) yang tercantum pada tabel di atas, Kementerian Kesehatan merumuskan kategori status gizi bayi sebagai berikut:

  • Apabila angka BB bayi lebih rendah dari -3 SD, maka BB bayi dianggap sangat kurang.
  • Jika angka BB bayi antara -3 SD hingga -2 SD, maka BB bayi dianggap kurang.
  • Apabila angka BB bayi antara -2 SD hingga +1 SD, maka BB bayi dianggap normal.
  • Jika angka BB bayi lebih tinggi dari +1 SD, maka bayi memiliki risiko BB berlebih.

Khusus untuk poin terakhir, perlu dihitung perbandingan antara BB dengan panjang badan bayi untuk menentukan apakah bayi masuk dalam kategori BB berlebih atau tidak. Jadi, berat badan ideal anak 2 tahun untuk laki-laki adalah 9,7-13,6 kg. Sementara untuk perempuan adalah 9,0-13,0 kg.

Baca juga: Cara Kreatif Mengatasi GTM (Gerakan Tutup Mulut) Pada Anak

Tips Mencapai Berat Badan Ideal untuk Anak 2 Tahun

Dilansir dari situs healthline.com, berikut ini beberapa hal yang bisa Mama lakukan supaya anak bisa mencapai berat badan ideal.

1. Makanan mengandung zat besi dan vitamin

Dalam penelitiannya, American Academy of Pediatrics (AAP) menyatakan bahwa minimnya zat besi merupakan kekurangan nutrisi paling umum di dunia. Karena itu AAP menyarankan balita hingga usia 3 tahun untuk mengkonsumsi daging, sereal atau sayuran yang mengandung zat besi dan vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi.

2. Atur jadwal makan

Perut kecil bayi tidak menyimpan banyak cadangan makan, karena itu tentukanlah waktu makan yang teratur supaya jangan sampai bayi kelaparan. Jangan lupa untuk menyelipkan juga cemilan sehat di pertengahan waktu makan agar nutrisi bayi selalu terjaga.

3. Buat waktu makan jadi menyenangkan

Pastikan bayi semangat makan dengan membuat waktu makan jadi menyenangkan. Biarkan ia bermain-main dengan potongan kecil makanannya. Sediakan juga alat makan yang dapat menemaninya mengeksplorasi makanan dengan aman.

Kini Mama tidak perlu bingung, karena telah hadir Mama’s Choice Jolly Feeding Set. Satu set alat makan bayi terbaik yang terdiri dari mangkok, sendok, celemek dan sippy lid.

Diskon 25% untuk Jolly Feeding Set! | Rp 299.000 Rp 399.000

Selain terbuat dari silikon berkualitas food grade,  alat makan ini dirancang dengan 3 pilihan warna yang dapat membuat waktu makan Si Kecil jadi lebih menyenangkan.

Alat makan ini memiliki ketahanan suhu dari -40°C hingga 220°C. Tentunya Mama’s Choice Jolly Feeding Set aman digunakan di microwave maupun mesin pencuci piring. Mama juga tidak perlu khawatir karena Mama’s Choice Jolly Feeding Set telah memenuhi standar internasional alat makan bayi dari FDA.

Dengan memberikannya feeding set tersendiri, Si Kecil dapat bereksplorasi dengan makanannya. Hal ini baik bagi motorik dan kemandirian Si Kecil lho, Ma. Jika Si Kecil makan dengan riang, tentu tumbuh kembangnya semakin baik dan membuat hati Mama turut senang.

Yuk terus semangat memberi makan anak dengan makanan bergizi ditemani feeding set yang menarik dan aman. Semoga berat badan anak bisa segera masuk kategori ideal untuk usia 2 tahun ya, Ma.

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

Mama's Choice Baby Hair and Body Wash, sampo bayi

Artikel terkait: Tips Memilih Peralatan Makan Bayi yang Bagus & Aman

Sumber:

pregnancybirthbaby.org.au

hukor.kemkes.go.id

healthline.com

aappublications.org

SHARE THIS POST

Ambar Arum

Senang belajar dan berbagi info tentang ibu, anak, dan keluarga. Sebab harta yang paling berharga adalah keluarga. Setuju kan? Semoga bermanfaat ya!

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja Rp90,000 lagi untuk dapat free ongkir!

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now