Search

Ini Bahaya Bahan Cairan Pembersih Lantai bagi Anak!

Menjaga kebersihan lantai adalah makanan sehari-hari seorang ibu. Tapi, entah mengepel sendiri atau memakai asisten, jangan sembarang memilih pembersih lantai ya, Ma. Bisa saja dalam produk pembersih lantai itu terkandung bahaya untuk bayi dan anak Mama. Apalagi jika bayi Mama mulai merangkak ke sana kemari!

Bayi dan anak-anak memiliki tubuh yang masih sangat sensitif terhadap berbagai zat asing seperti bahan kimia. Sementara itu mereka juga sangat aktif mengeksplorasi seisi rumah dengan berguling-guling dan memasukkan apa saja ke dalam mulut.

Apa Saja Bahan Berbahaya di Pembersih Lantai? 

Sebagian bahaya pembersih lantai mungkin tidak langsung terlihat, tapi kalau digunakan dalam jangka panjang ternyata berdampak buruk bagi pertumbuhan bayi dan anak-anak. Ayo Ma, kenali bahan-bahan berbahaya yang ‘bersembunyi’ di balik produk pembersih lantai supaya lebih waspada! 

bahaya yang terkandung dalam cairan pembersih lantai

1. Phthalates

Barangkali Mama tidak menemukan zat phthalates dalam komposisi produk. Namun jangan terkecoh, ‘fragrance’ atau parfum pada produk pembersih biasanya terbuat dari bahan kimia ini. Maka dari itu, carilah produk pembersih lantai yang menyebutkan ‘bebas phthalates’

Phthalates dapat masuk melalui pernapasan atau kontak langsung dengan kulit. Beberapa penelitian menunjukkan phthalates dapat mengganggu hormon. Gangguan hormon dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker.

2. Alkohol 

Alkohol adalah andalan untuk membunuh kuman pada lantai dan area rumah lainnya. Tapi hati-hati, kulit dapat menyerap alkohol dengan cepat dan mengalami kerusakan jaringan permanen. Apalagi bila masuk ke mulut, alkohol dapat mengganggu sistem syaraf pusat dan membuat Si Kecil muntah, kejang, dan sulit bernafas. Untuk amannya, jauhi bahan ini dari anak!

3. Triclosan / Triklosan 

Triclosan adalah antibakteri yang banyak dipakai pada cairan pembersih, termasuk lantai. Studi menunjukkan bahwa triclosan dapat meningkatkan risiko alergi pada anak dan gangguan endokrin. Bahan kimia yang satu ini juga bersifat karsinogenik, artinya dapat menyebabkan kanker jika digunakan jangka panjang. 

4. Chlorine / Klorin 

Chlorine adalah pembasmi bakteri dan kuman dan biasanya dipakai untuk kolam renang, disinfektan, dan pembersih lantai. Fungsinya memang luar biasa, tapi bahan ini berbahaya untuk Si Kecil. Klorin dapat menyebabkan gangguan jantung, pernafasan, dan meningkatkan risiko asma pada bayi. Kulit anak juga berpotensi iritasi apabila terkena klorin.

5. SLS

Sodium Lauryl Sulfate (SLS) adalah deterjen dan surfaktan yang populer sebagai bahan pembuat busa. Namun ternyata bahan ini juga berbahaya bagi Si Kecil. SLS dapat membuat iritasi pada mata, kulit, hingga paru-paru. 

Artikel terkait: Bahaya SLS dalam Sabun

Tips Membersihkan Lantai Aman untuk Si Kecil

Wah banyak juga ya bahan berbahaya pembersih lantai yang umum di pasaran. Jadi bagaimana dong? Berikut ini ada beberapa tips membersihkan lantai yang aman untuk Si Kecil. 

  1. Mama bisa membuat DIY pembersih lantai dengan campuran bahan-bahan alami, seperti serai (sereh) atau lemon.
  2. Jika tak ingin ribet membuat pembersih lantai sendiri, cukup beralih ke produk pembersih lantai yang natural dan aman, bebas dari toksin.
  3. Jauhkan pembersih lantai dan produk pembersih lainnya dari jangkauan anak. Selalu letakkan di lemari bagian atas sehingga tidak dapat diakses oleh Si Kecil. 
  4. Ketika membersihkan lantai, bawa anak ke ruangan lain. Kemudian tunggu sampai lantai benar-benar kering sempurna. Hal ini mengurangi risiko Si Kecil tergelincir dan menghirup pembersih lantai, serta terpapar air bekas mengepel lantai. 

Baca juga: Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Anak

Beralih ke Pembersih Lantai yang Aman Sekarang

Setelah mengetahui bahayanya, alangkah bijaknya kalau Mama beralih ke produk pembersih yang lebih aman dan alami. Lagipula, kini sudah terdapat banyak pilihan pembersih lantai aman yang juga terjangkau, seperti Mama’s Choice Baby Floor Cleaner.

pembersih lantai aman untuk bayi dan anak dari Mama's Choice

Mama’s Choice Baby Floor Cleanser adalah pilihan aman yang praktis untuk membersihkan lantai, jadi Mama tak perlu repot meracik serai atau lemon menjadi cairan pel. Cukup tuangkan setutup botol dengan 2-3 liter air, Mama bisa langsung mengepel!

Selain itu, Baby Floor Cleaner dari Mama’s Choice memiliki formula Food Grade yang sudah tersertifikasi Halal. Jadi pastinya tidak berbahaya bagi Si Kecil! 

Baca juga: 5 Kelebihan Mama’s Choice Baby Floor Cleaner

Mama's Choice Baby Floor Cleanser pembersih lantai aman untuk bayi
Mama @jebyazzahra dan Si Kecil bebas berguling-guling di lantai!

Tak hanya lantai, Mama’s Choice juga menawarkan paket lengkap produk pembersih lainnya yang ramah untuk bayi:

  1. Sabun cuci botol & alat makan bayi dan anak.
  2. Deterjen bayi yang aman untuk kulit sensitif.
  3. Disinfektan tanpa alkohol untuk semprot-semprot saat ke luar rumah.
  4. Pembersih lantai yang lembut dan food grade

Bagaimana? Kini Mama tidak perlu khawatir lagi dengan bahaya pembersih lantai dong.

Yuk coba produk pembersih Mama’s Choice sekarang dan dapatkan harga spesial + hadiah gratis di Official Shopee Store kami!*

sabun cuci cairan pembersih rumah aman untuk anak dan bayi

 

Sumber: 

Center4research.org

 Fairview.org

Earlylearningleaders.org

Tyentusa.com

Healthline.com

Webmd.com

Thebetterindia.com

SHARE THIS POST

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp200K dapat diskon Rp25,000 dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now